"~Selamat Datang di Web Blog Sri Winda~"

Pages

Subscribe:

Selasa, 30 Januari 2018

MODUL 4 STRUKTUR KENDALI PERCABANGAN BERSYARAT dengan IF...THEN dan IF...THEN...ELSE..

MODUL IV
STRUKTUR KENDALI
PERCABANGAN BERSYARAT DENGAN
IF ... THEN DAN IF ... THEN ... ELSE ...

A.    TUJUAN
  1. Memahami salah satu jenis statement kendali untuk pemilihan proses
  2. Memahami proses pengambilan keputusan dengan statement if ... then ... else ...
  3. Memahami variasi proses pengambilan keputusan dalam bentuk tunggal
  4. Mampu mengaplikasikan proses pengambilan keputusan dalam program

B.     DASAR TEORI
Sebuah program sering kali harus dapat memilih pernyataan mana yang akan dikerjakan berdasarkan suatu kondisi logika tertentu, misalnya bagaimana membuat program untuk mengetahui bilangan mana yang lebih besar di antara 2 (dua) buah bilangan.
Untuk menyelesaikan persoalan di atas, Pascal menyediakan fasilitas pengambilan keputusan, yaitu dengan statement IF ... THEN ... ELSE ...
Bentuk umum untuk IF ... THEN ...

IF (ekspresi logika) THEN
BEGIN
      bagian yang dikerjakan
jika ekspresi logika bernilai benar (TRUE)
END;

Bentuk umum untuk IF ... THEN ... ELSE ...

IF (ekspresi logika) THEN
BEGIN
      bagian yang dikerjakan
jika ekspresi logika bernilai benar (TRUE)
END {tanpa titik koma}
ELSE
BEGIN
      bagian yang dikerjakan
      jika ekspresi logika bernilai salah (FALSE)
END;

C.    LATIHAN SOAL
  1. Nomor Program 0401
a.       Tulislah program berikut ini, kemudian amati outputnya!

PROGRAM tanya;
USES CRT;
VAR a : real;
BEGIN
CLRSCR;
WRITE(‘Masukkan sebuah bilangan di bawah 100! ’);
READLN(a);
IF a<100 THEN
      WRITE(‘Terima Kasih’);
READLN;
END.

b.      Apa yang terjadi jika anda memasukkan nilai kurang dari 100, jelaskan!
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................

c.       Apa yang terjadi jika anda memasukkan nilai lebih dari 100, jelaskan!
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................

  1. Nomor Program 0402
a.       Tulislah program berikut ini, kemudian amati outputnya!

PROGRAM nilai_maksimal;
USES CRT;
VAR a, b, max : integer;
BEGIN
CLRSCR;
TEXTCOLOR(lightblue);
WRITE(‘Masukkan bilangan pertama : ’);READLN(a);
WRITE(‘Masukkan bilangan kedua   : ‘);READLN(b);
IF a>b THEN
      max:=a
ELSE
      max:=b;
WRITELN(‘Bilangan terbesar adalah ‘,max);
READLN;
END.

b.      Modifikasilah program di atas sehingga output yang ditampilkan adalah nilai terbesar adalah bilangan pertama (jika bilangan pertama memiliki nilai terbesar) atau nilai terbesar adalah bilangan kedua (jika bilangan kedua memiliki nilai terbesar)!
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
c.       Gantilah bagian-bagian tertentu dari program di atas sehingga dapat digunakan untuk menampilkan bilangan yang memiliki nilai terkecil!
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................

  1. Nomor Program 0403
a.       Tulislah program berikut ini, kemudian amati outputnya!

PROGRAM nilai_ujian;
USES CRT;
VAR nilai : real;
    nil_huruf : char;
BEGIN
CLRSCR;
WRITE(‘Tulis nilai ujian anda (0-100) : ‘);
READLN(nilai);
SOUND(1000); DELAY(1000); NOSOUND;
IF nilai>=80 THEN
  nil_huruf:=’A’
ELSE IF nilai>=70 THEN
  nil_huruf:=’B’
ELSE IF nilai>=60 THEN
  nil_huruf:=’C’
ELSE IF nilai>=20 THEN
  nil_huruf:=’D’
ELSE
  nil_huruf:=’E’;
WRITELN(‘Nilai Anda : ‘,nil_huruf);
READLN;
END.

b.      Modifikasilah program di atas sehingga apabila user memasukkan angka di atas 100, maka program akan memberi pesan kesalahan!
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................
..................................................................................................................

  1. Nomor Program 0404
Buatlah program yang akan menampilkan pesan apakah bilangan (0-65535) yang user masukkan adalah bilangan genap atau ganjil!
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................

  1. Nomor Program 0405
Seorang karyawan bekerja di perusahaan X. Karyawan tersebut digaji dengan mengikuti ketentuan PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) dan PKP (Penghasilan Kena Pajak). PTKP berlaku bagi karyawan yang digaji di bawah 360000 per bulan, sedangkan bagi karyawan yang gajinya adalah 360000 ke atas akan tergolong PKP, dengan pajak 10% dari Penghasilan Kena Pajak (PKP). PKP = (Gaji-360000). Misalnya seorang karyawan digaji sebesar 500000, maka PKP = 500000 – 360000 = 140000. Jadi, pajak yang harus dibayar = 140000 x 10% = 14000.
Berdasarkan kasus di atas, buatlah program untuk menentukan pajak yang harus dibayar oleh karyawan, yang mana ketika program dijalankan, program akan meminta masukan dari user berupa penghasilan perbulan. Berikut ini contoh output program :


dan

........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates