LAPORAN
PRATIKUM
PENGANTAR PENGETAHUAN KOMPUTER (TIF 23102)
MODUL 1
HARDWARE
DI SUSUN OLEH
NAMA :
NIM :
KELAS :
KELOMPOK :
DOSEN
PENGAMPU :
LABORATORIUM
TEKNIK INFORMATIKA PROGRAM STUDI D3 INFORMATIKA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK 2016
TATA
TERTIB
LABORATORIUM
KOMPUTER
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATIKA
1.
Praktikum mata kuliah
dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan ruang yang telah ditetapkan;
2. Praktikan
harus berpakaian rapi (Baju Praktikum yang sudah disediakan);
3. Berperilaku
yang baik dan sopan;
4. Praktikan
dilarang merokok, makan dan minum di dalam ruangan laboratorium;
5.
Praktikan harus mengikuti arahan
Instruktur/Dosen dan petunjuk praktikum mata kuliah yang telah diberikan;
6. Praktikan
mengikuti Instruksi Kerja (IK) dalam penggunaan peralatan;
7.
Jika diharuskan meminjam alat,
maka Praktikan diwajibkan mengisi daftar peminjaman alat sesuai dengan
kebutuhan yang telah disediakan oleh teknisi;
8.
Praktikan melakukan
pengecekan/pemeriksaan bersama-sama dengan teknisi terhadap peralatan yang akan
dipinjam untuk mengetahui kelayakan peralatan yang akan digunakan;
9.
Praktikan bertanggung jawab
memelihara barang-barang laboratorium dari kerusakan dan kehilangan;
10. Praktikan wajib mengganti barang-barang laboratorium yang mengalami
kerusakan atau kehilangan sebagai akibat kelalaian praktikan, dengan jumlah dan
spesifikasi barang yang sama;
11. Dosen Pengampu Mata Kuliah wajib hadir dan bertanggung jawab terhadap
kelancaran pelaksanaan kegiatan praktikum;
12. Selesai praktikum, praktikan wajib membersihkan dan merapikan kembali
ruangan laboratoium dan mengembalikan barang-barang pada tempatnya seperti
kondisi semula;
13. Praktikan tidak dibenarkan untuk tidak mengikuti salah satu/semua acara
praktikum dengan alasan apapun, kecuali menggantinya pada lain waktu dan semua
biaya ditanggung sendiri oleh praktikan;
14. Apabila ruangan laboratorium menggunakan karpet, maka sepatu harus
dilepas dan disimpan di luar ruangan dan diletakkan pada Rak Sepatu yang telah
disediakan;
15. Praktikan dilarang membawa Tas ke dalam laboratorium, Tas disimpan pada
Rak Tas yang telah disediakan;
16. Praktikan mengaktifkan komputer setelah ada perintah dari
Instruktur/Dosen pengampu mata kuliah/praktikum;
17. Praktikan
dilarang membuat account/user baru di komputer yang digunakan;
18. Praktikan dilarang melakukan instalasi perangkat lunak pada komputer
yang digunakan tanpa ada perintah dari Instruktur/Dosen pengampu mata
kuliah/praktikum;
19. Praktikan dilarang membuka aplikasi selain yang telah diinstruksikan
oleh instruktur/dosen.
FORMAT PENILAIAN PRAKTIKUM LAB/WORKSHOP INFORMATIKA
LABORATORIUM/WORKSHOP TEKNIK INFORMATIKA
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK
LEMBAR
PENILAIAN
Judul
Praktikum
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester/Kelas
:
|
|||
No Job
Sheet
|
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Instruktur
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Metode
|
|
|
|
Laporan
|
|
|
||||
No
|
Nam a Mahasiswa
|
Hadir
|
a
|
b
|
|
c
|
|
d
|
|
e
|
f
|
g
|
T otal
Nilai
|
Keterangan
|
||||
|
|
|
|
(1).
|
|
(2).
|
||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
I
|
II
|
III
|
10
|
5
|
|
10
|
15
|
|
|
10
|
30
|
15
|
5
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Metode :
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Teori/Tugas Pendahuluan
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Sikap
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Aktivitas
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Praktikum
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(1). Pemahaman Materi
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(2). Kreativitas
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Laporan :
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Analisa Hasil Praktikum
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
f. Kesimpulan
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
g. Tata Tulis Laporan
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x :
Tidak Hadir Praktikum
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
xx :
Tidak Kumpul Laporan
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T
anggal :
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T anda T angan
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Instruktur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T gl
Praktek I
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T gl
Praktek II
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T gl
Praktek III :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NIP.
|
Det a il
Deskripsi Penila ia n
Met ode :
(Pela ksa na a n Pra kt iku m )
a .
b.
c .
Teor i/Tu g a s Pen da h u lu a n ; m er u pa ka n la tih a n y a n g
diber ika n kepa da m a h a sisw a sebelu m m em u la i pr a ktiku m ber ka ita
n den g a n m a ter i y a n g
u n tu k m en g eta h u i seja u h m a n a m a h a sisw a da pa t bela
ja r m a n dir i
Sika p; m er u pa ka n a ttitu de/per ila ku m a h a sisw a sela m a m
ela ksa n a ka n pr a ktiku m
A ktiv ita s; m er u pa ka n a ktiv ita s y a n g ber ka ita n den g a
n kea ktifa n (ber ta n y a , ber disku si, ber pen da pa t, ber a r g u m en ,
dll) m a h a sisw a sela m a m e
d.
(1 ). Pem
a h a m a n m a ter i; m er u pa ka n kem a m pu a n (m en g a n a lisa , ,
dll) m a h a sisw a da la m m em a h a m i m a ter i
(2 ). Kr ea tifita s; m er u pa ka n kem a m
pu a n m a h a sisw a da la m pem bu a ta n da n a ta u per u ba h a n /m
odifika si sistem m en ja di lebih efektif da n efisien
La pora n
: (Set ela h Pela ksa na a n Pra kt iku m )
e. A n a lisa Ha sil Pr a ktiku m ; m er u pa ka
n h a sil y a n g diper oleh setela h m ela ksa n a ka n pr a ktiku m y a n g
kem u dia n dia n a lisa seh in g g a diper oleh kele
f.
Kesim pu
la n ; m er u pa ka n sim pu la n da r i h a sil setela h m ela ksa n a ka n pr
a ktiku m
g . Ta ta tu lis la por a n ; m er u pa ka n pen g
g u n a a n ta ta ba h a sa y a n g ba ku da n ker a pia n da la m pem bu a ta
n la por a n
MODUL 1
HARDWARE
I.
TUJUAN
1. Praktikan
dapat mengerti dan memahami tentang struktur komputer.
2.
Praktikan dapat mengerti dan
memahami tentang hardware komputer dan macam-macam bagiannya.
3. Praktikan
dapat membedakan tentang input device dan output device.
4. Praktikan
dapat merakit komputer.
II.
DASAR
TEORI
A. DEFINISI
KOMPUTER
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan
berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Menurut Blissmer (1985), komputer
adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu
menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan,
menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output
dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem
elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan
diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input,
memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang
telah tersimpan di dalam memori.
Namun, pada intinya dapat
disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat
menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program
yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil
pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
B. SISTEM
KOMPUTER
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah
data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen
yang terdiri dari perangkat keras (hardware),
perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah
peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi
perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan
serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer
tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras
tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati.
Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada
manusia yang mengoperasikannya.
C. STRUKTUR KO M P U TE R
Struktur komputer didefinisikan
sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur sebuah komputer
secara sederhana dapat digambarkan dalam diagram blok pada gambar berikut ini.
Gambar 1.
Struktur komputer
Bagian CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Mother
Board. Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting
yaitu:
1. CPU (
Central Processing Unit ) / Processor
2.
Memory ( RAM dan ROM )
3. Input /
Output
Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai
operasi masing- masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi
dari masing- masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:
Input Device (Alat Masukan)
perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
perintah ke dalam komputer. Output Device (Alat Keluaran) perangkat keras
komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan
data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor),
ataupun berupa suara.
I/O Ports bagian ini digunakan untuk menerima
ataupun mengirim data ke luar
sistem. Peralatan input dan output diatas terhubung
melalui Port ini. CPU (Central
Processing Unit) merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi
operasional, yaitu:
-
ALU (Arithmetical Logical Unit)
sebagai pusat pengolah data.
-
CU (Control Unit) sebagai
pengontrol kerja komputer.
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program.
Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
Berdasarkan kecepatan aksesnya dapat dibuat hirarki memori seperti pada table
berikut.
Tabel 1.
Hirarki Memori
Register
Cache
Memory
Tercepat
Main Memory
Sekunder
Memory
Data Bus jalur-jalur perpindahan data antar modul
dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran
hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang
dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem
secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan
menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32,
atau 64 jalur paralel.
Address Bus digunakan untuk
menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur
ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address
bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel. Control Bus
digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus.
Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
III.
PRAKTIKUM A. PERAKITAN
Tahapan
proses pada perakitan komputer terdiri dari:
1.
Menyiapan Motherboard
2.
Memasang Prosessor
3.
Memasang Heatsink
4.
Memasang Modul Memori
5.
Memasang Motherboard
pada Casing
6.
Memasang Power
Supply
7.
Memasang Kabel Motherboard
dan Casing
8.
Memasang Drive
9.
Memasang Card
Adapter
10. Penyelesaian
Akhir
1.
Persiapan
Motherboard
Memeriksa buku manual Motherboard untuk mengetahui posisi
jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke Motherboard. Mengatur seting jumper
sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper
tegangan dapat merusak prosessor.
Gambar 2.
Persiapan Komponen Motherboard
2. Memasang Prosessor
Prosessor lebih mudah dipasang sebelum Motherboard menempati
Casing. Cara memasang prosessor jenis
socket dan slot berbeda.
Jenis socket
:
1.
Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket
prosessor di Motherboard, umumnya
terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
2. Tegakkan
posisi tuas pengunci socket untuk membuka.
3.
Masukkan prosessor ke socket
dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang
socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
4. Turunkan
kembali tuas pengunci.
Gambar 3.
Cara Memasang Prosesor Jenis Socket
Jenis Slot
:
1.
Memasang penyangga (bracket) pada
dua ujung slot di Motherboard
sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di Motherboard.
2. Memasukkan
pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak.
3.
Memasukkan Card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat masuk
ke lubang slot.
Gambar 4.
Cara Memasang Prosesor Jenis Slot
3. Memasang Heatsink
Fungsi Heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh
prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke Heatsink. Untuk
mengoptimalkan
pemindahan panas maka Heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor
dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada Heatsink
dilapisi gen penghantar panas. Bila Heatsink dilengkapi dengan fan maka
konektor Power pada fan dihubungkan
ke konektor fan pada Motherboard.
Gambar
5a. Cara Memasang Heatsink
Gambar
5b. Cara Memasang Heatsink
4. Memasang Modul Memori
Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor
socket terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram Motherboard.
Setiap jenis modul memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan
dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.
Cara
memasang untuk tiap jenis modul memori sebagai berikut.
Jenis SIMM
:
1. Disesuaikan
posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
2. Memasukkan
modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
3.
Mendorong hingga modul tegak pada
slot, tuas pengunci pada slot akan otomatis mengunci modul.
Gambar
6a. Memasang memori Jenis SIMM
Gambar
6b. Memasang memori Jenis SIMM
Cara memasang modul DIMM dan RIMM
sama dan hanya ada satu cara sehingga tidak akan terbalik karena ada dua
lekukan sebagai panduan. Perbedaanya DIMM dan RIMM pada posisi lekukan.
1. Membuka
kait pengunci pada ujung slot.
2.
Menyesuaikan posisi lekukan pada
konektor modul dengan tonjolan pada slot. lalu masukkan modul ke slot.
3.
Kait pengunci secara otomatis
mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat terpasang.
Gambar 7.
Memasang memori Jenis DIMM dan RIMM
5. Memasang Motherboard
pada Casing
Motherboard
dipasang ke
Casing dengan sekerup dan dudukan (standoff).
Cara pemasangannya sebagai berikut:
1. Menenentukan
posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan
logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
2.
Memasang dudukan logam atau
plastik pada tray Casing sesuai
dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada Motherboard.
3.
Meneempatkan Motherboard pada tray Casing
sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada Motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
4. Memasang
bingkai Port I/O (I/O sheild) pada Motherboard jika ada.
5.
Memasang tray Casing yang sudah terpasang Motherboard pada Casing dan kunci dengan sekerup.
6.
Memasang Power Supply
Beberapa jenis Casing
sudah dilengkapi Power Supply. Bila Power Supply belum disertakan maka cara pemasangannya sebagai berikut:
1.
Memasukkan Power Supply pada rak di bagian belakang Casing. Memasang ke empat buah sekerup pengunci.
2.
Menghungkan konektor Power dari Power Supply ke Motherboard. Konektor Power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak
akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor
yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam
harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian
tengah dari konektor Power Motherboard.
Menghubungkan kabel daya untuk fan,
jika memakai fan untuk pendingin CPU.
Gambar 9.
Memasang Power Supply
7.
Memasang
Kabel Motherboard dan Casing
Setelah Motherboard
terpasang di Casing, langkah
selanjutnya adalah memasang kabel I/O pada Motherboard
dan panel dengan Casing.
1.
Pasang kabel data untuk Floppy Drive pada konektor pengontrol Floppy di Motherboard
2.
Pasang kabel IDE untuk pada
konektor IDE primary dan secondary pada Motherboard.
3.
Untuk Motherboard non ATX. Pasang kabel Port serial dan pararel pada konektor di Motherboard. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang.
4. Pada
bagian belakang Casing terdapat
lubang untuk memasang Port tambahan
jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang Port lalumasukkan Port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
5.
Bila Port mouse belum tersedia di belakang Casing maka Card konektor
mouse harus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada Motherboard.
6.
Hubungan kabel konektor dari
switch di panel depan Casing, LED,
speaker internal dan Port yang
terpasang di depan Casing bila ada ke
Motherboard. Periksa diagram Motherboard untuk mencari lokasi
konektor yang tepat.
Gambar
10. Memasang Kabel Motherboard pada Casing
8. Memasang Drive
|
Prosedur memasang
Drive hardisk,
Floppy, CD
ROM, CD-RW atau DVD
|
adalah
sama sebagai berikut:
|
|
1.
|
Membuka
pellet penutup bay Drive (ruang
untuk Drive pada Casing).
|
2.
|
MemasukkanDrivedaridepan bay dengan terlebih
dahulu mengatur
|
|
seting
jumper (sebagai master atau slave) pada Drive.
|
3.
Menyesuaikan posisi lubang
sekerup di Drive dan Casing lalu pasang sekerup penahan Drive.
4.
Menghubungkan konektor kabel IDE
ke Drive dan konektor di Motherboard (konektor primary dipakai
lebih dulu)
5. Mengulangi langkah 1 samapai 4
untuk setiap pemasangan Drive.
6.
Apabila kabel IDE terhubung ke
dua Drive, dipastikan perbedaan
seting jumper keduanya yakni Drive
pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
7.
Konektor IDE secondary pada Motherboard dapat dipakai untuk
menghubungkan dua Drive tambahan.
8. Floppy Drive dihubungkan
ke konektor khusus Floppy di Motherboard
9. Menyambungkan kabel Power
dari catu daya ke masing-masing Drive.
Gambar
11. Memasang Drive
9. Memasang Card
Adapter
Card adapter yang umum dipasang adalah VideoCard, Sound, Network, Modem dan SCSI adapter. VideoCard
umumnya harus dipasang dan diinstall sebelum Card adapter lainnya.
Cara
memasang adapter:
1. Memegang Card
adapter pada tepi, dihindari menyentuh komponen atau rangkaian elektronik.
Menekan Card hingga konektor tepat
masuk pada slot ekspansi di Motherboard
2.
Memasang sekerup penahan Card ke Casing
3.
Menghubungkan kembali kabel internal pada Card, bila ada.
Gambar
12. Memasang Card Adapter
10. Penyelessaian Akhir
1. Memasang
penutup Casing dengan menggeser.
2. Menyambungkan
kabel dari catu daya ke soket dinding.
3. Memasang
konektor monitor ke Port VideoCard.
4. Memasang
konektor kabel telepon ke Port Modem
bila ada.
5.
Menghubungkan konektor kabel keyboard
dan konektor mouse ke Port mouse atau
poert serial (tergantung jenis mouse).
6.
M e n g h ubungkan piranti
eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan microphone bila ada ke Port yang sesuai. Periksa manual dari Card adapter untuk memastikan lokasi Port.
Gambar
13. Menghubungkan Piranti Input dan Output Device
B. PENGUJIAN
Komputer yang baru selesai dirakit dapat diuji
dengan menjalankan program setup BIOS. Cara melakukan pengujian dengan program
BIOS sebagai berikut:
1.
Menghidupkan monitor lalu unit
sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
2.
Program FOST dari BIOS secara
otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Apabila terdapat
kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep
secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Memeriksa referensi kode BIOS
untuk mengetahui indikasi.
kesalahan
yang dimaksud oleh kode beep.
3.
Apabila tidak terjadi kesalahan
maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. Menekan tombol
interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
4.
Memeriksa semua hasil deteksi
hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah
nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
5. Menyimpan
perubahan seting dan keluar dari setup BIOS
Setelah keluar dari setup BIOS,
komputer akan meload Sistem OPerasi dengan urutan pencarian sesuai seting boot
sequence pada BIOS. Memasukkan diskette atau CD Bootable yang berisi sistem
operasi pada Drive pencarian.
C. PENANGANAN MASALAH
Permasalahan yang umum terjadi
dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:
1.
Apabila Komputer atau monitor
tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum
terhubung.
2.
Card adapter yang tidak terdeteksi
disebabkan oleh pemasangan Card belum
pas ke slot/LED dari hardisk, Floppy
atau CD menyala terus disebabkan kesalahan pemasangan kabel konektor atau ada
pin yang belum pas terhubung.
IV. TUGAS PRAKTIKUM
1.
Jelaskan dan lakukan langkah-langkah
atau proses instalasi Linux dari awal sampai selesai!
2. Mengenal Arsitektur Komputer
Mengisi daftar singkatan komponen sesuai gambar arsitektur PC dibawah:
GPU =
AGP =
HDD =
FDD =
FSB =
USB =
PCI =
RTC =
PATA =
SATA =
ISA =
IDE =
MCA =
3. Hardware
pada sistem komputer terbagi atas 3 bagian utama, yaitu:
-
Input Unit
-
Processing Unit
-
Output Unit
Sebutkan jenis perangkat input unit tersebut!
Sebutkan 3 Komponen Utama Processing Unit dan jelaskan masing-masing
fungsi utama 3 komponen utama Processing unit tersebut!
Sebutkan jenis perangkat output unit tersebut dan jelaskan!
4. Menjelaskan
cara kerja masing-masing komponen PC.
Pilih salah satu komponen yang terdapat pada
komputer anda, dan jelaskan mekanisme kerja komponen tersebut, Bandingkan
kinerja tersebut dengan komponen sejenis yang berfungsi sama dengan spesifikasi
yang berbeda! (Tidak boleh sama dengan teman lain satu kelompok).
5.
Memori dapat dibedakan menjadi
dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Sebutkan dan jelaskan
tentang kedua jenis memori tersebut!
6. Jelaskan
tentang register!
7. Jelaskan
tentang processor dan bagaimana perkembangannya!
8. Jelaskan
tentang Motherboard!
9. Sebutkan
persiapan dalam merakit komputer!
10. Sebutkan
penyebab troubleshooting komputer dan cara mengatasinya!
Gambar
14. Arsitektur Komputer
III. SUMBER PUSTAKA
1. Ivan Suderman, Perkembangan Hardware Komputer,
3.
Modul Praktikum Dasar Komputer, Teknik
Informatika Jurusan Teknik Informatika,
Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo, 2010.
Anda juga dapat melihat File ini dalam bentuk Pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar