"~Selamat Datang di Web Blog Sri Winda~"

Pages

Subscribe:

Rabu, 31 Januari 2018

BAHASA PEMROGRAMAN Pengantar Pengetahuan Komputer






BAB XI


BAHASA PEMROGRAMAN


Pemrograman komputer merupakan salah bidang dibawah ilmu komputer. Ketika ilmu komputer berfokus pada aplikasi komputer, pemrograman komputer berfokus pada dasar dari program komputer, yaitu bagaimana program bekerja, di design, diperbaiki dan dibuat. Pemrograman komputer dan bahasa pemrograman sering saling menggantikan artinya dalam kontek tertentu karena keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu menulis program untuk komputer.

Bahasa pemrograman adalah notasi untuk menulis program yang mana merupakan spesifikasi dari komputasi dan algoritma [Anthony Aaby, 2004]. Bahasa web atau Markup Language (XML, HTML) tidak dimasukkan dalam kelompok bahasa pemrograman.

Pola penulisan dalam bahasa tertentu disebut sintaks/syntax. Bahasa pemrograman pada dasarnya adalah tekstual karena walaupun ada yang menggunakan komponen visual tetapi tetap diperlukan penulisan notasi-notasi baik itu variabel, perintah-perintah dan hubungan antar komponen.



Sejarah

Ada Lovelance seorang wanita yang menjadi asisten Charles Babbage di tahun 1840an menuliskan dokumentasi lengkap untuk mesin Analytical Engine. Dokumentasi ini mencakup metode untuk menghitung bilangan Bernouli. Hal ini dianggap sebagai bahasa pemrograman pertama. Kemudian Herman Hollerith membuat kode untuk sensus 1890 dengan menggunakan punch card.

Pada tahun 1940an bahasa mesin dibuat sejalan dengan munculnya komputer elektrik yang disusul dengan Short Code yang dijalankan pada ENIAC. Di tahun 1950an bermunculan bahasa pemrograman modern misalnya FORTRAN (Formula Translator), LISP (List Processor) dan COBOL (Common Bussiness Oriented Language) dan ALGOL 58. Bahasa BASIC yang merupakan cikal bakal VISUAL BASIC muncul di tahun 1964. Tahun 1970an merupakan era kemunculan bahasa pemgrograman terstruktur seperti PASCAL 1970. Bahasa C dan SQL juga hadir di era ini.

Ditahun 1983, departemen pertahanan Amerika mengembangkan bahasa ADA yang nama diambil dari Ada Lovelance sebagai penghormatan kepadanya sebagai programmer pertama di dunia. Di era ini lahir bahasa C++ dan PERL. Tahun 1990an merupakan era internet dan objek dimana bahasa yang lahir difokuskan pada pemrograman internet/jaringan dan berorientasi objek, seperti : Python, Java, Ruby, Java Script, PHP, Visual Basic, Delphi dan lain-lain. Tahun 2000an bahasa yang muncul antara lain adalah C#, Visual Basic .NET.



PENGGOLONGAN


Bahasa pemrograman memiliki kesamaan dan perbedaan yaitu :

¾ Kesamaan        : menghasilkan output sama

¾ Perbedaan  : cara memberikan instruksi


Bahasa pemrograman memiliki tingkatan yang ditentukan oleh seberapa dekatnya bahasa mengakses mesin komputer. Tingkatan tersebut adalah :

      Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language)

Biasa disebut bahasa mesin, perintah-perintahnya berupa bahasa mesin. Contoh : Assembly

      Bahasa Tingkat Menengah (Middle Level Language)

Bahasanya yang perintah-perintahnya sebagian mudah dimengerti manusia dan sebagian lagi merupakan bahasa mesin. Contoh : C

      Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)

Bahasa yang perintah-perintahnya sepenuhnya mudah dimengerti manusia. Contoh: Pascal.

Pemrograman dapat digolongkan menjadi :

94


      Pemrograman Berorientasi Prosedural (Procedural Oriented)

      Pemrograman Berorientasi Fungsi (Functional Oriented)

      Pemrograman Berorientasi Logika (Logic Oriented)

      Pemrograman Berorientasi Objek (Objec Oriented)


Berdasarkan interface/antarmuka yang digunakan, bahasa pemrograman dibedakan atas:

      Text Based / Berbasis Teks

Bahasa pemrograman yang berjalan di sistem operasi yang berbasis teks atau editornya non grafik. Misalnya : Pascal, C, Java

      Graphic Based / Berbasis Grafik

Bahasa pemrograman yang berjalan di sistem operasi yang berbasis grafik. Bahasa ini menggunakan komponen GUI (Graphik User Interface) yang memudahkan programmer membuat tampilan grafis. Biasanya disebut juga Pemrograman Visual. Misalnya : Delphi, Visual Basic.








Anda juga dapat memperoleh File dalam benuk Pdf


Download di sini... 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates