"~Selamat Datang di Web Blog Sri Winda~"

Pages

Subscribe:

Selasa, 30 Januari 2018

Pengertian dan Penyelesaian Matriks dengan Beberapa Metode

    MATRIKS

Pendahuluan
Banyak persoalan dalam matematika murni maupun terapan yang disajikan dalam sistem persamaan linear. Misalnya, penerapan Hukum Kirchhoff dalam rangkaian listrik biasanya akan menghasilkan sistem persamaan linear dengan variabel arus listrik. Untuk menyelesaikan sistem persamaan linear dengan dua variabel biasanya digunakan metode substitusi atau eliminasi. Akan tetapi, untuk sistem persamaan linear yang melibatkan tiga variabel atau lebih, metode ini ternyata tidak efisien.
Untuk menyelesaian sistem persamaan linear dengan tiga variabel atau lebih, kita akan membahas aturan Cramer, metode reduksi baris atau eliminasi Gauss dan metode eliminasi Gauss-Jordan. Sebelum membahas ketiga metode ini, kita akan membicarakan konsep matriks.

Definisi
Sistem bilangan yang disusun dalam bentuk baris dan kolom ini dikenal dengan sebutan matriks. Matriks m x n adalah  suatu  susunan bilangan  berbentuk persegi yang terdiri atas m baris dan n kolom. 


Pada kesempatan kali ini,saya akan membahas lebih dalam mengenai definisi dan cara penyelesaian Matriks menggunakan beberapa metode seperti aturan Cramer, Eliminasi Gauss, serta eliminasi Gauss-Jordan. 

#Berikut file yang menyajikan Materi Matriks secara lebih detail..

File  dalam bentuk Doc (word)
Download di sini...


File dalam bentuk Power point
Download di sini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates